TIK

Pemanfaatan TIK di sekolah qu. Weahhhh…. lelahnya aq hari ini, tetapi selalu saja ada mata pelajaran yang menutupinya dan salah satu mata pelajaran tersebut adalah ILMU TIK. Disekolah kami, terdapat cukup banyak komputer diantaranya sekitar 26 PC, 3 Laptop di laboratorium komputer dan juga 2 PC dan 1 Laptop di Perpustakaan, alat-alat yang berbau IT tidak hanya itu melainkan termasuk juga 3 Routers dan hotspot yang tersebar di beberapa tempat begitu pula dengan fasilitas Proyektor, SMA kami kurang lebih memiliki 2 Proyektor yang dapat digunakan oleh para guru pengajar dan oleh peserta didik sendiri.

Sebagai Sistem Operasi utama yang ditanamkan di setiap PC di laboratorium Linux telah menjadi suatu yang sangat familiar di sekolah kami. Varian Linux yang menjadi Operasi system utama di Sekolah kami adalah Ubuntu, berbeda dengan varian linux lainnya Ubuntu memiliki banyak fitur yang tidak ditanamkan di dalam varian linux yang lain seperti ketersediaan aplikasi Chat Pidgin yang tidak terdapat pada beberapa varian linux yang lainnya. Tidak hanya itu, di setiap PC juga terdapat sistem operasi lain yaitu Windows XP sehingga setiap siswa dapat mendengarkan atau menonton materi belajar  dan juga mempelajari penggunaan aplikasi pengolah angka, data, maupun grafis seperti adobe photoshop melalui perangkat komputer.

Antara 2 operasi sistem juga dapat di install dalam 1 perangkat PC melalui dualboot sehingga memudahkan para siswa untuk memilih operasi sistem pilihannya.

Begitu pula dengan ketersediaan LCD TV dan CD/DVD Player semuanya tertata rapi di sebuah ruang multimedia yang terdapat di perpustakaan Labschool sehingga siswa dapata secara langsung menonton materi bahan ajar yang tersedia dalam cd/dvd pembelajaran yang bisa di dapatkan dari penyedia CD/DVD pembelajaran.

Mungkin itu saja dulu ya, karena gak bisa saya jelasin secara mendetail maka saya kasih fotonya aja ni….

https://i0.wp.com/pcblogger.net/images/stories/tutorialimages/Windows_XP_FULL_CD.jpghttps://i1.wp.com/www.gnome-look.org/CONTENT/content-files/91840-UBUNTU-CD-8.10.png

https://i2.wp.com/www.verrents.com/assets/017/8009_360wh.jpghttps://i1.wp.com/nexus404.com/Blog/wp-content/uploads2/2008/12/ibm-lenovo-thinkpad-w700-dual-screen-mobile-workstation-laptop.jpghttps://i0.wp.com/img.alibaba.com/photo/104636896/HP_Digital_Projector_Xb31_1024_x_768_DLP_Projector.jpghttps://i1.wp.com/www.itechnews.net/wp-content/uploads/2007/05/Panasonic-Viera-TX-32LXD70-LCD-TV.jpghttps://i0.wp.com/www.hometheaterhifi.com/images/stories/february-2008/oppo-dv-983h-dvd-player-front-main-large.jpgalhamdulillah untuk semua barang berbau IT ini dalam pemanfaatannya sudah sangat baik yaitu setiap siswa/guru yang ingin mendaftar penggunaan barang IT dapat langsung menjumpai guru IT ataupun ke bagian tata usaha, dan untuk setiap guru/siswa telah mendapat pelatihan mengenai cara penggunaan alat-alat IT tersebut.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: