Profil LS’07

labschool dari depan

Pasca gempa bumi dan tsunami yang menghantam sebagian besar wilayah pesisir Provinsi NAD pada tanggal 26 Desember 2004, USINDO (The United Stated Indonesia Society) yaitu perkumpulan masyarakat Indonesia Amerika membangun sebuah SMA Model bagi Aceh yang dinamakan SMA Lab School Unsyiah.

SMA Lab School Unsyiah tampak dari depan Sekolah ini diresmikan pada tanggal 27 Juli 2007 oleh Rektor Unsyiah, Ketua BRR-NIAS, dan Ketua Bersama US-Indonesia(USINDO) Edward Masters dan Arifin Siregar. Sekolah ini dirancang oleh ahli arsitek Unsyiah, ruangannya besar dengan cahaya dan udara yang sangat alami, laboratorium IPA, laboratorium komputer, dan laboratorium bahasa serta perpustakaan dan audotorium serba guna. Pada tanggal 5 Juni 2007 Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Dinas Pendidikan mengeluarkan izin operasional.

Kemudian tepatnya pada bulan Juni 2007, SMA Laboratorium mengadakan Pendaftaran masuk siswa baru leting pertama yang ternyata ada saya pula disana. Pada hari penutupan pendaftaran saya bertanya kepada bapak pegawai disana yang namanya Bpk. Iswandi mengenai jumlah pendaftar sampai saat ini, dan beliau menjawab 635, “wow bertohlah sekolah ini kalau jumlah pendaftarnya segitu??…”.

Sehingga pada hari H-nya tampaklah banyak orang yang datang mengikuti tes, karena ruangan yang tersedia tidak dapat menampung jumlah peserta yang mem-bertoh (meledak) luar biasa, maka tes diadakan di fakultas Ekonomi (mumpung satu yayasan ya.. bisa kerjasama dong). Waktu terus berjalan semua telah usai kini tinggal menunggu pengumuman. Aq sangat terkejut melihat namaku yang tertera di papan pengumuman, Sayangnya perjuangan belum usai masih ada satu jenis tes lagi yang sangat menantang yaitu tes IQ.

Hari H kembali namun jenis skill yang dibutuhkan sangat berbeda, karena hari ini otak kanan lebih diutamakan. Setelah satu setengah jam mengikuti tes IQ aku keluar ruangan dan melihat pemandangan yang berbeda (sedikit pemberitahan… karena jumlah peserta telah tersaring sebanyak 300 siswa maka kali ini sekolah menggunakan fasilitas ruangannya sendiri), pemandangannya seperti berikut:


suasana_pasca_tes

Diatas tampak para calon siswa yang baru saja mengkuti tes, tampak pula beberapa sepeda motor yang diparkir sembarangan, padahal tempat parkir kendaraan sudah tersedia (please dehh…). Beberapa hari berikutnya aq pergi ke sekolah dan melihat hasil pengumuman dan hasilna aq dinyatakan lulus, dan berhak masuk SMA tersebut.

Hari demi hari kami lewati bersama, banyak hal-hal yang kami dapatkan pada saat perkenalan dengan teman-teman baru. Ada orang yang super usil, ada yang garing (sok ahli melawak) dll. Beberapa minggu setelah kami saling mengenal keluarlah pengumuman dari kepala sekolah bahwa dibutuhkan tim rapa’i dari para siswa untuk tampil pada hari peresmian sekolah. Guru seni kami sangat kewalahan mencari orang-orang yang cukup terlatih untuk mengikuti latihan rapa’i, karena pada saat itu hanya ada satu orang siswa yang cukup terlatih dalam tarian Rapa’i yaitu Irfan (gak usah Gr.. pan….), pada hari berikutnya datanglah beberapa siswa dengan sukarela hendak menjadi anggota tim Rapa’i yang siap tampil pada hari-H (termasuk aq… ha…ha…ha… sayangnya cuma sebagai syech). Akhirnya tampil deh.

rapai_geleng

Kami pada tiap harinya (kecuali hari sabtu) diwajibkan datang ke sekolah pada pukul 08.15 dan pulang pada sekolah pada pukul 16.30. pada waktu-waktu kosong misalnya pada 1 jam setelah makan siang dan 30 menit sebelum shalat ashar, kami menghabiskan waktu dengan berbagai kegiatan diantaranya seperti main tenis meja di basis ruang olah raga.

pingpong_the_master

Pada sebuah acara yang diadakan oleh Dinas Pendidikan NAD, sekolah kami diundang untuk menjadi pelaksana acara yaitu sebagai tim paduan suara dan juga beberapa orang dari kami dimasukkan dalam tim pementasan drama. Sayangnya aku sebagai penulis sempat latihan sebagai salah seorang dari pemain drama namun gara-gara si kakek berjenggot, peranku malah digantikan sama dia dengan alasan penjiwaanku terhadap sebuah peran masih sangat kurang. Dan itulah profil singkat aq dan Letting-ku.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: