Membuat Blog dasar

  1. Masuk ke Blogger.com, Blogger.com nyediain layanan gratis untuk membuat Blog yang bisa kamu akses darimana aja, kayak email gratisan Yahoo! atau Hotmail. Ada layanan-layanan lain untuk ngebuat Blog, tapi Blogger.com adalah layanan yang paling gampang dan gratis.
  2. Sign Up New Account, liat di kanan bawah itu ada form buat sign up, nah sign up disitu, ikuti instruksinya. Kamu bakal diminta buat ngisi sebuah form standar, nama, alamat email, dan password.
  3. Setelah kamu punya account, kamu perlu buat Blog kamu sekarang, liat di kanan bawah lagi ada “Create a new Blog”. Yupe, dengan satu account itu kamu bisa punya beberapa Blog, tapi sekarang yang penting, buat satu dulu aja. Kamu akan diminta ngisi, “Title” dan “Description” Blog kamu, trus juga apakah kamu pengen orang lain bisa liat Blog kamu, di pilihan Yes/No buat “Public Blog”. Tenang kalo belum kepikiran, semua ini bisa kamu ganti lagi nanti. Isi dulu aja yang penting.
  4. Terus kamu akan diminta milih, kamu akan tempatin dimana Blog kamu itu. Blogger.com nyediain tempat gratisan di BlogSpot, kalo kamu pilih ini nanti alamat blog kamu bakalan kayak http://namague.blogspot.com. Ini buat awal bisa dipilih karena ga repot. Cuma Blog kamu bakal ada banner ad-nya yang bisa ilang kalo kamu bayar $12/tahun, Rp 9000-an/sebulan. Alternatif ke dua kamu punya tempat gratisan lain buat nyimpen Blog kamu (sebaiknya yang support FTP: File Transport Protocol) misalnya Tripod.com atau Geocities.com (harus bayar buat FTP support-nya) atau lainnya. Tapi pilihan ini bisa kamu ganti-ganti juga nanti.
  5. Kalo kamu pilih BlogSpot kamu bakal ditanya nama apa yang kamu pengen sebagai alamat Blog kamu, http://_____.blogspot.com ini juga, nanti bisa kamu ganti lagi.
  6. Trus kamu perlu milih template desain Blog kamu. Gak bisa desain atau belum pernah desain web sendiri? Jangan kuatir, untuk saat ini Blogger.com nyediain kamu beberapa pilihan yang bisa kamu pilih. Nanti kalo udah belajar HTML dan aplikasi grafis, desain ini bisa kamu rubah-rubah sendiri, atau kamu bisa juga pilih-pilih aja desain orang yang bisa kamu pake di Blogskins (diterangin lebih lanjut di tahap IV)
  7. Dari situ kamu bakal dibawa ke tempat kamu ngedit/ngepost/ngepublish blog kamu. Bagian ini terdiri dari dua bagian gede. Bagian atas adalah tempat kamu nulis apa yang pengen kamu Blog, bagian bawah adalah preview blog kamu dari beberapa post sebelumnya. Semua post yang kamu buat bisa di-edit dan di-delete.
  8. Kalo kamu mau coba, tulis sesuatu misalnya “test” di bagian atas itu, trus pencet “post & publish” di kanan atas. Trus sekarang pencet “view web page” di bagian kiri tengah. Woalaa, kamu lagi liat blog pertama kamu sekarang. Selamat ya🙂.
  9. Sekarang kalo kamu udah ga tahan, kamu udah bisa mulai nge-blog dan curhat di blog kamu pertama kalinya. Kamu juga udah bisa ngemail-ngemail temen-temen kamu buat ngunjungin Blog kamu, tapi biar keren, Blog kamu perlu didandanin juga nih🙂, ikutin tahap-tahap selanjutnya.

~ by labsinfo on July 8, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: