Contoh Penulisan Yang baik dan Benar

Tindakan Pelestarian Terhadapa Keanekaragaman Hayati (tebal dan  menggunakan kapital)

Manusia sangat tergantung pada lingkungan hidupnya. Oleh sebab itu manusia harus bertanggung jawab untuk memelihara dan melestarikan lingkungan hidup beserta keanekaragaman hayati. Usaha-usaha yang sudah dilakukan manusia untuk memelihara dan melestarikan lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati antara lain sebagai berikut. (mengandung pembahasan singkat)

a. Memelihara kelestarian hutan (menggunakan poin-poin)

Hutan merupakan habitat berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Oleh sebab itu kelestariannya harus dijaga. Untuk melindungi hutan perlu dilakukan tindakan seperti:

  • Reboisasi, yaitu menanami kembali hutan-hutan yang telah gundul.
  • Tebang Pilih, Artinya kalau kita memerlukan kayu, pohon yang akan ditebang adalah kayu yang harus memenuhi syarat umur dan ukurannya
  • Menghindari kebakaran hutan

b. Menetapkan daerah perlindungan alam

Pemerintah di bawah menteri kehutanan mempunyai suatu badan yang menangani daerah-daerah perlindungan alam, yaitu PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam). Di Indonesia terdapat sekitar 350 daerah perlindungan alam yang tersebar di berbagai provinsi. Daerah perlindungan alam tersebut digolongkan berdasarkan ukuran, keunikan, ekosistem dan fungsinya.

1. Taman hutan raya dan hutan wisata

Taman hutan raya dan hutan wisata umumnya merupakan wilayah yang tidak begitu luas tapi penting sebagai tempat rekreasi, terutama untuk wisatawan dalam negeri.

2. Cagar Alam

Cagar alam adalah tempat perlindungan alam yang dijaga sangat ketat, keberadaan mahluk hidup yang ada di dalamnya tidak boleh diganggu. Untuk memasuki kawasan cagar alam harus ada izin khusus dari dinas PHPA.

3. Taman Nasional

Taman nasional dirancang sebagai tempat perlindungan mahluk hidup local, nasional, maupun internasional. Tempat ini kemudian dikembangkan sebagai tempat wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Izin untuk memasuki kawasan taman nasional biasa didapat di kantor PHPA di pintu masuk taman nasional atau di kota terdekat. Ada sekitar 26 taman nasional di daratan dan 5 taman laut yang tersebar di hampir seluruh propinsi di Indonesia.

c. Merehabilitasi satwa langka yang dipelihara perorangan

Contohnya, orangutan yang dipelihara oleh perorangan disita oleh Negara, kemudian dikembalikan ke habitatnya semula. Sebelum dikembalikan ke habitatnya direhabilitasi terlebih dahulu, agar dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan hutan sebagai habitat aslinya. Pusat rehabilitasi orang utan terdapat di kaimantan, yaitu di Samboja dan Tanjung Putting.

d. Penangkaran satwa dan tumbuhan yang hamper punah

Penangkaran satwa yang terancam punah dapat ditangkarkan di kebun-kebun binatang yang ditunjuk. Jika populasinya sudah banyak, sebagian dikembalikan ke habitat aslinya. Demikian pula pada tumbuhan yang hamper punah dapat ditangkarkan di kebun-kebun raya.

Begitulah hal-hal yang dapat kita cermati bersama demi lestarinya kehidupan mahluk hidup di bumi ini. (mengandung penutup)

~ by labsinfo on July 8, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: