Cara Aman Ber-internet

Cara Aman Ber-internet.

1. Carilah informasi di situs-situs resmi. Karena hanya situs resmilah yang kelayakan dan kebenaran beritanya dapat dipercaya.

  1. Cek dan double cek (validasi) kebenaran berita/informasi di internet dengan cara berikut:
    1. Sebelum mengambil berita/informasi dari sebuah situs, periksalah tujuan dari pembuatan suatu situs. Sebuah situs yang diciptakan untuk menyebarluaskan suatu misi/ideologi tertentu akan memuat artikel-artikel yang sejalan dengan misinya. Oleh karena itu informasi yang diperoleh menjadi BIAS oleh kepentingan kelompok tertentu dan tidak lagi faktual sifatnya.

Beberapa dari tujuan pembuatan situs di antaranya adalah untuk media penawaran/penjualan, menyebarluaskan informasi, hiburan, konsultasi, dsb.

    1. Periksalah latar belakang si penulis artikel/berita atau situs.
    2. Periksalah URL atau alamat situsnya. Kelayakan suatu informasi dapat dinilai dengan melihat apakah suatu situs adalah situs resmi atau pribadi.

Contoh: http://www.cdsinet.net/users/bartlett” dan “http://www.alphalink.com.au/~jdm/index.htm” adalah dua contoh situs pribadi.

Kok bisa tahu? Pada contoh pertama kata “users” menunjukkan bahwa ini adalah alamat situs pribadi milik seseorang bernama Bartlett. Pada contoh kedua simbol “~” menunjukkan bahwa situs ini adalah situs pribadi yang dibuat oleh seseorang yang memperoleh jatah dari Internet Service Provider (ISP). Dengan demikian dapat diketahui dari alamat situs berikut http://pubweb.northwestern.edu/~abutz/di/intro.html, situs ini bukalanlah situs resmi Universitas Northwestern di Amerika Serikat, melainkan adalah situs buatan seseorang bernama Butz.

  1. Ingat baik-baik bahwa tidak semua hal yang kita baca/temui di adalah benar. Penawaran yang bersifat “terlalu indah” bisa jadi merupakan internetTIPUAN. Misalnya, penawaran kredit dengan iming-iming bunga kecil atau jaminan minimal. Cek dan double cek lagi kebenaran situsnya serta syarat-syarat yang ditawarkan, jangan sampai merugikan kita pada akhirnya.

  1. Pertimbangkanlah dengan bijaksana sebelum memberikan informasi pribadi seperti usia, status, atau informasi keuangan (seperti nomer rekening, nama bank, dsb).

  1. Tanyalah pada operator IT yang bertugas di telecenter sebelum mendownload atau meng-install aplikasi komputer dari internet karena dapat merusak komputer (virus, worms, adware, spyware, dsb).

  1. Telecenter tidak dapat digunakan untuk mengakses situs yang menawarkan penggunaan obat-obatan terlarang, pornografi, alkohol, dan perakitan senjata berbahaya.

  1. Hindarilah situs-situs yang memungkinkan orang untuk melakukan perjudian. Situs seperti ini biasanya mendorong seseorang untuk menggunakan kartu kredit, menulis cek, atau mentrasfer sejumlah uang.

~ by labsinfo on July 8, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: