Wilayatul Hisbah

Wilayatul Hisbah (WH) adalah polisi Syariat Islam yang bertugas menegakkan hukum-hukum Islam di tengah masyarakat Aceh. WH lahir sesuai dengan Undang-undang nomor 11 tahun 2006 atau yang sering disebut UU PA, pasal serta qanun nomor 7 tahun 2008. Selain itu, keberadaan WH juga diperkuat dengan adanya SK Gubernur Aceh nomor 1 tahun 2004.

WH pada awalnya berada di bawah naungan Dinas Syariat Islam, namun semenjak adanya qanun nomor 2, WH berada di bawah Badan Satuan Polisi Pamong Praja.

Keberadaan WH selama ini banyak menimbulkan kontradiksi, karena sebagian masyarakat menganggap WH hanya membuat Syariat Islam tidak terlaksana secara kaffah karena ada unsur pemaksaan. Sementara lainnya menilai keberadaan WH sangat tepat dalam penanganan pelanggaran Syariat Islam. Kelompok ini berharap dengan kehadiran WH syariat Islam dapat ditegakkan.

Namun, sampai hari ini kiprah WH masih lemah dalam hal penerapan tugas dan fungsinya, karena penerapan qanun untuk penegakan hukum Islam dalam masyarakat belum berjalan dengan maksimal.

Dalam qanun nomor 12 dan 13 tahun 2003, tercatat WH tidak berwenang menangkap tersangka pelanggar Syariat Islam. Sehingga selama ini WH kerap sekali meminta bantuan Dinas Syariat Islam dalam memeriksa tersangka dengan memakai KHUP.

Wewenang WH yakni mengawasi, membina dan menyidik, sehingga jika dalam 24 jam setelah tersangka ditahan, WH terpaksa mencari penjamin agar bisa menahan lebih dari 24 jam.

Anggota resmi WH saat ini pada tahun 2009 sekitar 67 orang, namun WH memiliki 1,280 anggota pasukan, dari jumlah tersebut sebanyak 400 orang berstatus kontrak dan selebihnya merupakan relawan.

Dari sumber anggaran, untuk tahun 2009 anggaran untuk WH sebesar Rp 20 miliar. Dari sebelumnya telah dialokasikan sebesar Rp 37 miliar dan dipangkas DPRA hingga hampir 50 persen.

~ by labsinfo on July 6, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: