Tari Saman

Tari Saman atau dikenal juga dengan Tarian sejuta tangan (a thousand hand dance) adalah sebuah tarian adat yang berasal dari daerah Aceh Tenggara, tepatnya dari dataran tinggi Gayo.Tari Saman ini diciptakan serta dikembangkan oleh seorang tokoh agama Islam bernama Syech Saman, sehingga nama tari tersebut dinamakan serupa nama penciptanya sendiri.

Tarian Saman menggunakan dua unsur gerak yang menjadi unsur dasar dalam tarian Saman: Tepuk tangan dan tepuk dada. Syair dalam tarian Saman mempergunakan bahasa Arab dan bahasa Gayo. Dahulu tarian ini biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat dan masyarakat Aceh, diantaranya untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sekarang pun, tarian ritual yang bersifat religius ini masih digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah melalui pertunjukan-pertunjukan.

Pada umumnya, tari Saman dimainkan oleh belasan atau puluhan laki-laki, tetapi jumlahnya harus ganjil. Namun, dalam perkembangan selanjutnya, tarian ini juga dimainkan oleh kaum perempuan, tetapi tidak ada campuran. Pendapat lain mengatakan tarian ini ditarikan kurang lebih dari 10 orang, dengan rincian 8 penari dan 2 orang sebagai pemberi aba-aba sambil bernyanyi. Untuk mengatur berbagai gerakannya ditunjuklah seorang pemimpin yang disebut syeikh. Selain mengatur gerakan para penari, syeikh juga bertugas menyanyikan syair-syair lagu Saman. Karena keseragaman formasi dan ketepatan waktu adalah suatu keharusan dalam menampilkan tarian ini, maka para penari dituntut untuk memiliki konsentrasi yang tinggi dan latihan yang serius agar dapat tampil dengan sempurna.

~ by labsinfo on July 6, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: