Perpustakaan Wilayah NAD

Perpustakaan Wilayah NAD terletak di jalan T. Nyak Arief, Banda Aceh, merupakan bangunan yang besar dan dapat dengan mudah terlihat dan diketahui masyarakat Aceh.

Perpustakaan ini memiliki ruangan baca dan koleksi buku yang sangat lengkap serta ruang dengan fasilitas internet di sebelah kanan yang diperuntukkan bagi masyarakat Aceh yang ingin mencari informasi. Pada pintu masuk pustaka di sebelah kanan, terpajang foto-foto pada masa penjajahan Belanda.

Dulu badan perpustakaan pertama didirikan pada tahun 1969, bernama Perpustakaan Negara yang berlokasi pada salah satu ruangan di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh, dengan jumlah koleksi buku hanya 80 eksemplar dengan 2 pegawai. Kemudian berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 8429/c/B.3/1979b pada tanggal 29 Oktober 1979 berubah status menjadi Perpustakaan Wilayah. Setelah itu, terbit keppres nomor 50 tahun 1997 tentang perubahan struktur organisasi menjadi Perpustkaan Nasional Provinsi DI Aceh, serta kembali berubah dengan adanya peraturan daerah nomor 39 tahun 2001 menjadi lembaga daerah yang bernama Perpustakaan Provinsi NAD.

Pada saat bencana gempa bumi dan gelombang tsunami melanda Aceh pada 2004 lalu, Pustaka wilayah Aceh ini mengalami banyak kerusakan, rusaknya jaringan LAN, dan hampir seluruh koleksi perpustakaan tidak dapat dipakai. Perpustakaan kembali dibuka pada Mei 2005.

Hingga saat ini, sesuai dengan visi untuk pemberdayaan potensi arsip dan dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Aceh yang Islami, perpustakaan memiliki 30 ribu judul buku yang terdiri dari berbagai jenis disiplin ilmu.

Waktu layanan dibuka setiap hari. Layanan yang disediakan yaitu, layananan stasioner yakni layanan yang dilakukan di gedung perpustakaan meliputi sirkulasi atau peminjaman yang boleh dibawa pulang maupun referensi dibaca di tempat. Sementara itu, layanan ekstensi yakni layanan jarak jauh untuk masyarakat yang tidak bisa mendatangi perpustakaan dengan menyediakan perpustakaan keliling, layanan paket bagi lembaga organisasi, rumah sakit, panti asuhan dan masjid.

Hingga kini jumlah anggota perpustakaan yang terdaftar sekitar 7.666 orang dan jumlah pengunjung sekitar 600 hingga 700 orang perhari.

~ by labsinfo on July 6, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: