Bronkhitis

Bronkhitis. Bronkhitis adalah peradangan dari satu atau lebih pada saluran pernapasan (bronkhus). Peradangan ini disebabkan oleh banyak faktor. Penyebabnya bisa dari virus, bakteri, alergi, dan lainnya. Peradangan yang akut bisa terjadi secara singkat atau panjang Biasanya disebabkan terkena angin dingin, penghirupan bahan-bahan iritasi, dan infeksi akut. Gejalanya adalah deman, nyeri pada dada terutama pada waktu batuk, dispne, dan batuk. Bronkhitis juga bisa mengeluarkan sekret mukopurulen yang banyak (pada catarrhal bronchitis).

Bila bronkhitis itu lama dan berkepanjangan, bahkan cenderung untuk sesekali kambuh di masa-masa tenang, itulah bronkhitis kronis. Penyakit ini disebabkan oleh serangan berulang bronkhitis akut atau penyakit kronis lainnya. Gejalanya, terdapat serangan-serangan batuk dengan ekspektorasi, baik banyak maupun sedikit.

Terjadi juga perubahan sekunder pada jaringan paru.
Tak hanya itu saja, jika bronkhitis itu ditandai dengan batuk dahsyat dan serangan mendadak dispnea disebut croupous bronchitis. Pada saat dibatukkan, keluar silinder saluran bronkial dengan kristal dan sel-sel eosinofil.

Peradangan pada bronkhus juga bisa disebabkan masuknya benda-benda asing pada saluran pernapasan dan menginfeksi dinding saluran tersebut. Contohnya saja pada arachidic bronchitis yang disebabkan masuknya biji-bijian ke saluran bronkhus. Ada pula infeksi saluran pernapasan akibat adanya degenerasi keju (nekrosis kaseosa).

Infeksi pada bronkhus juga dapat ditimbulkan akibat iritasi ether, influenza, dan akibat virus campak. Ada juga bronkhitis akibat infeksi saluran napas pada penderita asma yang juga disebabkan bakteri. Penyebab infeksi lainnya adalah streptokokus, stafilokokus, dan virus tuberkulosa.

Kalau dibiarkan, peradangan akan meluas hingga ke alveoli pada paru. Jenisnya adalah vesicular bronchitis yang kadang-kadang tampak di bawah pleura sebagai granulasi kuning keputihan seperti biji-biji jagung..

~ by labsinfo on June 28, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: