Manfaat dan khasiat Ketimun/Mentimun/Timun/Cucumber

Manfaat dan khasiat Ketimun/Mentimun/Timun/Cucumber. Timun atau mentimun adalah tanaman merambat yang mempunyai sulur dahan berbentuk spiral. Biasanya ditanam di sawah dan di ladang-ladang sebagai tanaman untuk sayur ataupun rujak. Tanaman ini merambat sampai sepanjang 250 cm. Berbatang basah dan berbulu halus. Daunnya bertangkai panjang, bentuknya lebar bertaju dengan pangkal berbentuk jantung, ujung runcing, tepi bergerigi. Batangnya berbulu halus-halus. Bunganya berwarna kuning. Buahnya berbentuk bulat panjang, tumbuh bergantung, berwarna hijau keputihan sepanjang 10-20 cm, berbiji banyak dan mengandung air.

Buah menggantung dengan berbagai bentuk dan ukuran, mengandung banyak air dan biji. Mentimun (Cucumis sativus Linn) tumbuh baik di dataran rendah hingga ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Syarat-syarat tumbuh lainnya (agroklimat) adalah menyukai tanah dengan kelembaban tinggi, tanah berpasir, suhu tinggi dan pengairan yang baik.

Perbanyakan/perkembangbiakan dilakukan secara generatif atau melalui biji. Masa panen dilakukan pada umur 6-8 minggu setelah masa tanam. Banyak ditanam orang di sawah, ladang-ladang atau pekarangan sebagai tanaman sayur.

Timun ada beberapa jenis, antara lain watang, turus, suri, dan krai. Buah dari tumbuhan yang bernama latin Cucumis sativus ini dipercaya mengandung zat-zat saponin (mengeluarkan lendir), protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B1, dan C.

Manfaat dan khasiat ketimun

- Menurunkan tekanan darah tinggi,
- Mancegah sariawan,
- Memperlancar air seni,
- Menghilangkan keriput di kulit,
- Timun mentah bersifat menurunkan panas dalam,
- Meningkatkan stamina,
- Mengandung flavonoid dan polifenol sebagai antiradang,
- Menekan gula agar tidak berubah menjadi lemak,
- Menurunkan kolesterol,
- Menetralkan racun,
- Mentimun juga mengandung kukurbitasin C, yang berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh,
- Mencegah penyakit hepatitis.

Untuk mengatasi radang ginjal:
Buatlah 400 cc jus mentimun, dicampur dengan air saringan rebusan 60 gram akar alang-alang dengan 400 cc air hingga tersisa 150 cc. Campurlah keduanya, aduk sampai rata dan diminum 2 kali sehari. Lakukan cara ini secara teratur tiap hari.

Penyubur rambut atau untuk mengatasi rambut rontok:
1 buah mentimun, 1 umbi wortel ukuran sedang, 75 gram kubis, 75 gram tauge, garam, gula putih dan cuka beras secukupnya. Seluruh bahan dicampur dan didiamkan selama 12 jam, lalu diblender dengan air secukupnya dan diaduk sampai rata. hasilnya diminum 1 kali sehari pada pagi hari, sekali minum satu gelas.

About these ads

~ by labsinfo on June 28, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: