Aglaonema (SRI REJEKI)

Aglaonema- Juga disebut ‘Sri Rejeki’ atau ‘Chinese Evergreen’ adalah tanaman hias dari famili Araceae (aroids). Aglaonema memiliki lebih dari 30 spesies di dunia dan merupakan tanaman asli dari hutan basah tropis. Saat ini tanaman ini telah dibudidayakan secara luas oleh petani dan telah menghasilkan berbagai warna yang indah dan langka sehingga semakin memperbanyak variasinya. persilangan berbagai jenis Aglaonema menghasilkan bunga-bunga indah dan menawan. Di Batu tanaman ini telah dibudidayakan meski masih oleh petani tertentu apalagi jenis-jenis langkanya.

Tanaman ini juga mudah dibudidayakan dan tidak memerlukan rekayasa iklim berlebih dan toleran pada beberapa kondisi kelembaban. Dia juga dapat tumbuh pada kondisi matahari penuh ataupun setengah penuh dan tergantung pada jenis-jenisnya. Namun demikian tanaman ini kebanyakan tumbuh dengan baik pada pencahayaan tidak langsung.

Sangat suka pada tanah gembur dan cenderung lembab dengan temperatur udaran antara 20°C hingga 30°C namun juga dapat tumbuh hingga 10°C.

Agar tidak busuk adalah dengan memotong akar yang busuk dan biarkan akar yg sehat (warna putih dan segar. Komposisi media dan penyiraman juga berpengaruh. Gunakan campuran kaliandra, sekam bakar dan pupuk kandang dengan perbandingan 30:40:30. Pot bisa dilobangi kiri kanan, sehingga lebih poros. Penyiraman jangan terlalu sering apalagi jenis-jenis aglonema thailand. Jangan gunakan pupuk sembarangan bisa mengakibatkan daun terbakar.

<!–[if !supportEmptyParas]–>

Penyiraman sebaiknya dilakukan pagi hari, hindarkan penyiraman malam hari (menghindari busuk akar meskipun agak jarang terjadi). dengan posisi seperti itu lakukan penyiraman 2 ato 3 hari sekali (pokonya jangan sampai terlalu lama dlm keadaan basah tapi jangan pula sampe terlalu kering).

<!–[if !supportEmptyParas]–>

Salah satu cara tradisional yg cukup efektif untuk menghambat Bakteri terhadap Aglaonema pada batang yang telah di potong atau yang terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri yaitu dengan cara Kapur sirih di campur dengan Buah JAMBE yg sudah tua kemudian kedua bahan tersebut di gerus lalu dioleskan ketempat luka tanamannya baik batang ataupun akarnya.

Tips agar daun aglao yang baru tumbuh langsung berwarna merah, yaitu dengan pupuk Ajumin (pupuk berbentuk bulat kecil dan berwarna hitam, harganya sekitar Rp 10000-15000 per plastik kecil). Pada saat repotting pertama ditaruh gabus terus ditutup media sedikit lalu taburkan pupuk slow release seperti dekastar. Setelah itu tambahkan Ajumin 1 sendok teh kemudian tutup dengan sedikit media, lalu taruh tanaman.

~ by labsinfo on June 28, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: